Untuk membangun sinergi dan meningkatkan kualitas pelaksanaan Sistem Kinerja Instansi Pemerintah dalam rangka mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang berorientasi hasil, setiap instansi lembaga perlu menyusun Indikator Kinerja Utama (IKU) termasuk pada Perguruan Tinggi, dimana dalam kegiatannya lembaga harus berpedoman pada Indikator Kinerja Utama tersebut dalam kegiatan menetapkan rencana kinerja; menyusun rencana kerja dan anggaran; menyusun dokumen kontrak atau perjanjian kinerja; menyusun laporan kinerja; dan melakukan evaluasi pencapaian kinerja. Adapun di UIN Raden Mas Said Surakarta, IKU diambil berdasarkan Peraturan Kinerja Rektor.

Satuan Pengawasan Internal sebagai pengawas internal yang bertanggung jawab mengawasi kegiatan non-akademik perguruan tinggi melakukan expose ketercapaian IKU di lingkungan UIN Raden Mas Said Surakarta. Dalam sambutannya Bapak Dr. Muh. Nashirudin S.Ag., M.A., menyampaikan bahwa kegiatan expose ketercapaian IKU ini menjadi langkah awal untuk melaksanakan kegiatan Universitas terkait ketercapaian kegiatan lainnya baik visi misi perkins lakip dll. Adapun hasil expose ini belum maksimal karena berbagai kendala yang ada.

Adapun Warek 2 Bapak Dr. Usman, menyampaikan apresiasi kepada SPI karena melakukan expose ketercapaian IKU sebagai wadah evaluasi target yang sudah dicapai dilingkungan lembaga, sehingga ketika ada poin yang belum tercapai bisa diketahui penyebabnya, dan ketika sudah memenuhi atau melebihi target untuk terus ditingkatkan. Untuk itu kegiatan expose ini sangat bermanfaat baik bagi fakultas atau unit kerja maupun bagi lembaga perguruan tinggi.

 

Unduh Materi

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *